Sabtu, 15 Oktober 2005

Kyoto Islam Bunka Senta

Kyoto merupakan kota tujuan ziarah peribadatan yang dipenuhi kuil-candi-biara dari berbagai aliran agama dan kepercayaan di Jepang, tera, pagoda, jinja, tak ketinggalan pula gereja. Namun selama itu, tempat shalat hanyalah berupa kamar sewaan untuk jumatan berjamaah, atau di bawah tangga, di samping lift... yang agak bergengsi paling-paling sudut ruangan lobi.

Setelah berbagai upaya nyaris putus asa yang menguras tenaga dan biaya, sejak April 2005 kaum muslim bisa sedikit lega dengan berdirinya Pusat Kebudayaan Islam Kyoto yang terletak cukup strategis dari pusat kota.
kyotomosqueislambunkasenta

Alamat dan peta:

mapkyotoislamsenta〒602-0853
Kyoto-shi Kamigyoku Kawaramachi st.
Koujinguchi Agaru Higashi Hairu
Miyagakicho 92
Riverside Koujinguchi lantai 1
京都市上京区河原町通り
荒神口上ル東入ル宮垣町92 
リバーサイド荒神口1階
TEL : 075-231-3499
FAX : 075-231-3497

Kalau merasa tersesat, jangan ragu-ragu menelepon ke nomor tersebut di atas! Pasti ada yang berbaik hati menjemput, katanya sih (tentu saja saya sendiri belum pernah nyasar).

Cara mencapainya:
* dari stasiun Keihan Marutamachi, jalan kaki 10 menit
(lewat CSEAS Kyoto Univ, sebelum belokan Konoe memintas sungai)
* dari stopan bis Koujinguchi, langsung sampai
(tinggal belok atau menyeberang)
* dari stasiun Hankyu Kawaramachi, ganti bus menyusur Kawaramachi
(atau naik taksi langsung ke alamatnya, 640 yen)


Betapapun menghabiskan dana sampai 33 juta yen terkumpul dari iuran kita-kita sendiri dan berbagai sponsor, yang diperoleh hanyalah ruang mushala bawah tanah, dengan kantor pertukaran kebudayaan tepat di atasnya, yang juga membantu menjualkan bahan makanan halal: daging, roti, yogurt... dan tempeh (pakai h) produksi pak Rustono dari Shiga. Tohohohoho, yah lumayan juga lah.

Selain kegiatan rutin shalat jumat berjamaah dan kelas bulanan pertemuan tanya jawab mengenai Islam, selama ramadhan ada Tarawih, juga dibuka pendaftaran acara buka bersama tahunan (untuk tahun ini tanggal 15 Oktober di KICH), dan sebagai tambahan meriah ada pula berbagai kegiatan pertukaran budaya; yang telah terselenggara adalah keterampilan ibu-ibu dari Turki.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

terimakasih. memang saya temui masjid di kyoto menggunakan direction anda. my version of direction is here:
http://imaann.fotopages.com/?entry=1226662